Site Loader

Jakarta – Kementerian Kesehatan mengumumkan setidaknya ada 80 warga terpapar virus Corona dari kerumunan acara Habib Rizieq Syihab di Petamburan, Jakarta Pusat, dan Tebet, Jakarta Selatan. Pemprov DKI Jakarta mengklaim mengambil sejumlah langkah terkait temuan tersebut.

“Semua yang positif akan dilakukan kontak tracing dan treatment. Prinsipnya kita minta masyarakat untuk disiplin, patuh, dan taat,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (23/11/2020).

Menurut Riza Patria, Pemprov DKI akan memastikan tiap warga yang diketahui pernah berada dalam kerumunan tersebut akan segera di-swab test. Dia pun menyebutkan kegiatan swab test tersebut bisa melalui pemerintah atau dilakukan secara swadaya.

“Nanti kita akan terus dari pihak kami Pemprov dan Dinkes berupaya agar seluruh masyarakat yang ada di dalam kerumunan yang berpotensi ada gejala dan terpapar virus Corona, kita minta melakukan tes swab. Tes swab bisa dilakukan siapa aja oleh pihak kami bisa,” terang Riza.

“Atau dilakukan secara swadaya atau mandiri organisasi ormas atau pihak-pihak tertentu, boleh saja. Yang penting lakukan swab untuk memastikan keamanan keselamatan dirinya, keluarganya, lingkungannya dan kita semua. Jadi kita minta semuanya patuh dan taat,” sambungnya.

Seperti diketahui, puluhan warga di sejumlah wilayah dilaporkan terinfeksi COVID-19 setelah terjadi kerumunan massa pendukung Habib Rizieq. Menurut laporan Kementerian Kesehatan RI, total kasus tersebut mencapai 80 orang.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, dr H Muhammad Budi Hidayat, MKes, mengungkap data per 19 November, laporan kasus terbanyak berdasarkan contact tracing berada di Tebet.

“Dari hasil tracing dan testing pada sejumlah kejadian tersebut, berdasarkan data per 19 November, berdasarkan hasil pemeriksaan PCR di Labkesda 21 November 2020, ditemukan di Tebet total 50 kasus positif dan di Petamburan sebanyak 30 kasus,” kata dr Budi dalam konferensi pers di BNPB, Minggu (22/11).

Seperti diketahui, kegiatan yang dihadiri Habib Rizieq Syihab telah menimbulkan kerumunan massa. Mulai dari kepulangannya ke Indonesia, Habib Rizieq telah menciptakan kerumunan massa yang menjemputnya di Bandara Soekarno-Hatta.

Kegiatan itu tidak hanya menimbulkan kemacetan. Aktivitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta pun ikut tertunda imbas kerumunan massa.

Sekembalinya dari Arab Saudi, Habib Rizieq diketahui menghadiri kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet, Jakarta Selatan. Ia juga menggelar pernikahan putri keempatnya, Syarifah Najwa Syihab bersamaan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakarta Pusat.

Post Author: lpkindowa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

lpkindowa
lpkindowa
lpkindowa@gmail.com