Site Loader

Jakarta – Kemunculan klaster-klaster baru virus Corona, termasuk di DKI Jakarta, belum bisa dibendung hingga kini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki logika tersendiri terkait kemunculan klaster-klaster baru Corona itu. Anies tak menampik bahwa masyarakat patuh memakai masker saat berada dalam transportasi umum. Namun, yang jadi permasalahan menurut Anies, masyarakat justru berani melepas masker saat bertemu dengan orang yang dikenal.

“Problem kita naik bus pakai masker, naik kereta pakai masker, sampai kantor copot masker. Itu problem kita. Merasa kenal copot masker, merasa tidak kenal pakai masker,” kata Anies di Lapangan Promoter Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (3/9/2020).

Karena berani melepas masker saat bertemu orang yang dikenal itulah, yang menurut logika Anies, memunculkan klaster baru. Seperti klaster kantor dan klaster rumah tangga. “Penularannya antara yang kenal, muncullah klaster kantor, muncullah klaster rumah tangga, klaster-klaster antara kita karena kita cenderung lepas masker kalau bertemu dengan orang yang kita kenal,” sebut Anies.

Logika tersebut dilontarkan Anies dalam acara deklarasi #PriokBermasker. Apresiasi dia disampaikan, sambil berharap masyarakat Jakarta bisa selalu patuh menggunakan masker.

“Jadi saya sangat apresiasi juga ini betul-betul dilaksanakan. Jadikan contoh. Semua wajah yang ada di Priok adalah wajah yang bermasker, semua wajah yang keluar rumah adalah wajah yang bermasker. Gunakan masker kapan saja di mana saja,” imbau Anies.

Tiga hari sebelumnya, 1 September, karena kemunculan klaster rumah tangga, Anies berencana menghapus aturan isolasi mandiri di rumah. Anies bahkan mengaku sedang menyiapkan regulasinya.

“Jadi, selama ini ditemukan banyak klaster-klaster rumah tangga, ayah terpapar positif, keluarganya terpapar, ibunya, istrinya, anaknya, pamannya. Karena, ketika melakukan isolasi mandiri belum tentu mengerti tentang protokol pencegahannya, karena tidak semua tahu tentang ini,” kata Gubernur DKI Anies Baswedan di kawasan Danau Sunter, Jalan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (1/9).

Post Author: lpkindowa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

lpkindowa
lpkindowa
lpkindowa@gmail.com